21 Januari 2022

Adakah Bahaya Pewangi Pakaian? Ini Penjelasan Pakar

Waspada bahaya pewangi pakaian

Ilustrasi. Waspada bahaya pewangi pakaian. (Foto: Pixabay)

TEPI IMAJI – Pakaian yang rapi dan harum atau wangi bisa meningkatkan kepercayaan diri pemakainya,namun ada bahaya pewangi pakaian.

Untuk mengharumkan pakaian dengan pewangi bisa juga di rumah. Kini sudah banyak pewangi pakaian yang dijual bebas di warung, bahkan beberapa jenis pewangi sekaligus berfungsi sebagai pelembut.

Namun, beberapa pewangi pakaian mengandung zat berbahaya yang dapat berdampak buruk pada kesehatan, khususnya jika terpapar dalam waktu lama.

Hampir seluruh jenis pelembut dan pewangi pakaian mengandung zat Quartenary Ammonium Compounds (QUATS), yang merupakan bentuk lain antimikroba.

Sebagai antimikroba, QUATS memiliki efek yang sama dengan triclosan, yang berpotensi menumbuhkan bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Selain itu, QUATS juga menyebabkan efek samping lain terhadap tubuh, yakni iritasi pada kulit. Bahkan, berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan selama 10 tahun, QUATS diyakini menjadi salah satu [emicu terjadinya infeksi kulit.

Baca juga: 7 Cara Mudah Belanja Murah secara Daring

QUATS Zat Bahaya Pewangi Pakaian

Ilmuwan senior Environmental Working Group, Rebecca Sutton, menyebut bahwa QUATS bahkan mengandung zat kimia berbahaya yang dapat memicu asma dan gangguan pernapasan.

Menurutnya, ada bukti yang menunjukkan, bahkan orang dengan fisik sehat tetapi terpapar QUATS setiap hari bisa menderita asma berat.

“Pada kasus ekstrem menyebabkan henti napas,” tutur Rebecca.

Untuk mencegah dan menghindari memburuknya kondisi kesehatan akibat QUATS, sebaiknya mulai mengurangi penggunaan pelembut dan pewangi pakaian yang mengandung QUATS.

Mulailah menggunakan pelembut pakaian berbahan alami yang terbuat dari campuran cuka dan tea-tree oil.

“Cuka merupakan pelembut kain yang alami,” kata Karyn Siegel-Maier, penulis “The Naturally Clean Home”.

Bukan hanya alami dan bebas zat kimia berbahaya, cuka juga mampu menghilangkan residu sabun dan deterjen.

Sementara, bahan lain, yakni tea-tree oil berfungsi sebagai antijamur.

Cara membuat pelembut pakaian alami tersbeut cukup mudah. Campurkan beberapa tetes tea-tree oil dengan satu sendok makan cuka, campur keduanya di dalam botol spray berisi air.

Untuk mendapatkan wangi alami, bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavender. Campuran bahan-bahan ini bukan hanya bisa menjadi pengganti pelembut pakaian, tetapi juga anti-bakteri pada pakaian.

Sumber: Grid

error: Content is protected !!