You are currently viewing Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Begini Caranya
Ilustrasi wajah berjerawat. Foto: Pixabay

Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Begini Caranya

WAJAH mulus tanpa jerawat merupakan dambaan hampir setiap orang, khususnya wanita. Dengan wajah yang mulus tanpa jerawat, rasa percaya diri akan meningkat, dan tentu saja mempermudah seseorang bergaul di lingkungannya.

Tapi, untuk mewujudkan wajah mulus tanpa jerawat terkadang susah-susah gampang. Sebab, tak jarang jerawat muncul secara tiba-tiba, seperti bayangan mantan yang muncul dalam pikiran.

Sebetulnya ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau mengntisipasi agar jerawat tidak muncul, setidaknya meminimallisir kemunculannya yang menjengkelkan. Dikutip dari beberapa sumber, ini upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah jerawat:

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari bisa mencegah jerawat muncul, terutama setelah berkeringat atau berminyak. Saat membersihkan wajah, ada baiknya menggunakan pembersih wajah khusus untuk mencegah jerawat, misalnya yang mengandung sulfur atau belerang, atau yang mengandung asam salisilat.

Jika ingin menggunakan pilihan lain, sejumlah pembersih wajah yang megandung minyak esensial dan ekstrak tanaman pun sudah tersedia di sejumlah apotek atau salon kecantikan, misalnya yang mengandung thymol atau terpineol.

Meski membersihkan wajah secara rutin cukup bagus untuk mencegah jerawat, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci wajah. Sebab hal itu justru bisa menyebabkan kulit semakin bermiyak dan mengalami iritasi.

Menggunakan Teh Hijau

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat adalah menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang terbukti mampuĀ  mengurangi produksi sebum atau minyak alami pada wajah, serta melawan peradangan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Seduh kantung teh hijau selama 3 hingga 4 menit dalam air mendidih, kemudian dinginkan. Selanjutnya celupkan kapas dan oleskan pada wajah yang bersih.

Masker Madu

Madu cukup ampuh mengobati penyakit kulit, termasuk jerawat, khususnya jenis madu Manuka. Sebab, madu mengandung enzim yang berperan sebagai zat antimikroba. Zat itulah yang melawan bakteri penyebab jerawat.

Cuka Apel

Bahan alami lain yang cukup popular sebagai penghilang jerawat adalah cuka apel. Kandungan asam organik berupa asam laktat dan asam sitrat, diyakini cukup ampuh melawan bakteri penyebab jerawat.

Tapi, kandungan asam yang cukup tinggi pada cuka apel bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika dioleskan langsung.

Lidah Buaya

Selain cuka apel dan madu, bahan alami lain yang juga mampu untuk mengatasi jerawat adalah lidah buaya. Gel pada lidah buaya terbukti membantu mengurangi peradangan pada kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Lidah buaya juga mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen, fenol dan sulfur. Zat-zat itu saling bekerja sama membunuh bakteri penyebab jerawat.

Belerang

Belerang atau sulfur mengandung senyawa alami yang menghilangkan jerawat. Kandungan zat pada belerang mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat.

Belerang juga dapat menekan produksi minyak berlebih pada kulit, dan bermanfaat untuk membantu menyumbat pori-pori serta mencegah timbulnya jerawat baru.

Setelah terbebas dari masalah jerawat, kamu bisa lebih leluasa jalan-jalan atau liburan bersama teman atau kerabat, tanpa harus kehilangan percaya diri.

Baca juga: Bikin Instagram Terlihat Menarik, Ini Tipsnya

Tinggalkan Balasan